Temu Konsultasi Guru Sekolah
Tanggal: Jumat, 28 Juni 2013
Topik:


TEMU KONSULTASI GURU SEKOLAH

 

 

PSAA Tunas Bangsa Pati sebagai Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak harus memberikan perhatian pada perkembangan pendidikan anak, dengan melakukan review secara berkala bersama dengan penyelenggara pendidikan dimana anak bersekolah. Berangkat dari pemikiran tersebut, PSAA Tunas Bangsa Pati menyelenggarakan Temu Konsultasi Guru, dengan mengundang perwakilan guru sekolah dimana penerima manfaat bersekolah. Tujuan pertemuan kali ini untuk mengetahui perkembangan penerima manfaat baik dari segi akademis maupun perilaku.



Pertemuan dibuka oleh Kepala PSAA Tunas Bangsa Pati, Dra.Vita Kuswarini. Dalam sambutannya, beliau menyatakan terima kasih atas pelayanan yang sangat baik yang diberikan sekolah kepada penerima manfaat PSAA Tunas Bangsa Pati, semoga kerjasama ini dapat terus berkembang dikemudian hari.Beliau juga menyampaikan mengenai perkembangan anak baik dari segi positif maupun negatif, menjelaskan mengenai karakter penerima manfaat yang berasal dari keluarga yang mempunyai  permasalahan sosial. Karena penerima manfaat selain menghabiskan waktu dipanti juga menghabiskan beberapa jam sehari untuk bersekolah, maka perlu adanya kerjasama dengan sekolah dalam menangani permasalahan perilaku.Perlu adanya satu pemahaman antara PSAA Tunas Bangsa Pati dengan pihak sekolah sehingga dapat mendukung penanganan permasalahan penerima manfaat.
Sesi selanjutnya diisi dengan penjelasan dari masing-masing sekolah mengenai perkembangan penerima manfaat di sekolah, dari segi akademis dan perilaku beserta rekomendasi yang dapat dipergunakan sebagai bahan referensi untuk penanganan permasalahan penerima manfaat.Secara keseluruhan , penerima manfaat mempunyai tingkat akademis yang cukup baik, namun ada beberapa anak yang perlu pendampingan lebih intensif dalam belajar. Dari segi perilaku juga ada beberapa catatan mengenai anak yang perlu didampingi untuk meningkatkan pemahaman mengenai norma yang baik.
Kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang intinya perlu adanya kerjasama yang proaktif antara PSAA Tunas Bangsa Pati dengan Sekolah, perlu sosialisasi program-program yang dilaksanakan di PSAA Tunas Bangsa Pati sehingga sekolah lebih paham mengenai kegiatan yang dilakukan penerima manfaat  dan dapat mengetahui perlakuan yang tepat untuk penerima manfaat di sekolah agar tidak ada kontradiksi.Selain itu juga PSAA tunas Bangsa Pati diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada sekolah dalam hal program yang bisa dimanfaatkan oleh sekolah seperti pelayanan berbasis keluarga untuk anak-anak didik yang kurang mampu.
 







Artikel dari PSAA Tunas Bangsa Pati
http://tunasbangsa.depsos.go.id

URL:
http://tunasbangsa.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=61