Menulis Harapan Kemerdekaan untuk Presiden
Tanggal: Jumat, 07 September 2012
Topik:


Menulis Harapan Kemerdekaan untuk Presiden

 

Untuk mengoptimalkan hadirnya bulan Ramadhan, maka Pembina Bimbingan Kerohanian Islam PSAA Tunas Bangsa Pati sebagaimana rutinitas tahun-tahun sebelumnya, mengadakan paket pembinaan kepribadian Islam penerima manfaat melalui kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan.
Berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya, tahun ini Pesantren Kilat Ramadan memasukkan muatan Keterampilan Latihan Menulis Dasar untuk seluruh Penerima Manfaat PSAA Tunas Bangsa.
Kegiatan yang berlangsung mulai Hari Senin – Rabu, 13 - 15 Agustus 2012  ini mengadirkan Pembicara : Kak Imam seorang Penulis dan Aktif di komunitas Baca Keloepas Kudus. Bersama beliau anak- anak diajarkan dasar- dasar menulis dan berlatih menulis bersama mulai dari menuliskan nama. Dan dalam rangka menyongsong hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 67, Kak Imam meminta seluruh anak penerima manfaat beserta seluruh pengasuh dan pegawai PSAA Tunas Bangsa untuk menulis kepada Presiden. Dalam tulisan itu anak- anak bertanya pada Presiden hingga mengemukakan keinginannya untuk kemajuan bangsa pada presiden Susilo Bambang Yudoyono.



Kepala PSAA Tunas Bangsa Bapak Ruh Sanyoto mengemukakan, “Menulis adalah salah satu bentuk pengembangan dari dalam hal membentuk pribadi kritis, empatik dan dan berpikir positif “. Ditambahkan lagi oleh beliau bahwa kepribadian Islam hanya mungkin terwujud bila telah diajarkan kepadanya berbagai disiplin keilmuan yang bersumber dari nilai-nilai Al-Quran dan Sunnah serta live style yang meneladani Rosulullah Muhammad SAW dan sahabat- sahabat beliau. Dan kepiawaian dalam menulis bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan menulis dan reportase dasar, agar anak- anak dapat mengembangkan bakat dan menumbuhkan minat menulis sehingga tumbuh generasi kritis yang dapat mencatatkan sejarahnya sendiri dan menularkan pengetahuan lewat tulisan – tulisannya.
Di akhir kegiatan anak- anak menceritakan perasaan gembiranya mengikuti kegiatan Pesantren kilat Jurnalistik Dasar ini. Banyak diantara anak- anak merasakan bahwa dirinya semakin mudah mengekspresikan diri lewat tulisan dan jika sebelumnya banyak anak yang mengeluhkan sulitnya untuk menulis, saat ini banyak di antara mereka semangat untuk menulis dan bercita cita kelak ingin menjadi seorang penulis profesional. < Ririf>

 







Artikel dari PSAA Tunas Bangsa Pati
http://tunasbangsa.depsos.go.id

URL:
http://tunasbangsa.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=48