Bulan Festival Hari Anak Nasional
Tanggal: Jumat, 27 Juli 2012
Topik:


Bulan Festival Hari Anak Nasional
Oleh: Rifatul Khoiriyah

 

     


Memasuki Juli tahun ini kita diingatkan tentang Bulan untuk anak- anak Indonesia. Bulan Juli ini biasanya anak- anak merasakan keceriaan liburan sekolah dan yang tidak kalah penting adalah tanggal 23 Juli , yang berarti kita akan memperingati hari anak nasional. Banyak kalangan tidak tahu dan faham bahwa tanggal 23 Juli adalah hari anak nasional. Hari anak nasional memanglah tidaklah sepopuler hari Kemerdekan, hari Sumpah Pemuda atau hari –hari perayaan nasional lainnya. Padahal anak-anak adalah tunas-tunas bangsa yang akan meneruskan estafet kebudayaan dan peradaban sebuah bangsa.
Dalam rangka perayaan hari anak nasional ini, PSAA Tunas Bangsa Pati UPT Kementerian Sosial RI kembali melaksanakan Peringatan Hari anak dengan tema : Bersatu mewujudkan Kota Ramah Anak. Perayaan hari anak nasional tahun ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan mulai awal bulan hingga pertengahan bulan Juli.
Dimulai pada Rabu pagi yang cerah, 4 Juli 2012, yang diisi dengan Olimpiade Cabang Olahraga Tradisional Antar Panti Asuhan di Kota Pati dan Demak. Olimpiade itu sendiri diikuti oleh sekitar 100 anak dengan mempertandingkan Cabang Gobak Sodor, Bakiak, Egrang Bambu dan Egrang Batok. Kegiatan ini menurut Rifatul Khoiriyah sebagai  Koordinator Sie Acara HAN menyatakan bahwa “Kegiatan ini adalah sebagai ajang pendidikan kebudayaan bagi anak- anak ayang sudah lama tidak lagi mengenal permainan tradisional kita”. Selama ini anak- anak kita telah banyak disuguhi permainan modern dari Play Station dan Internet yang secara  metode bermain malah menjadikan anak bermain secara individu, lupa waktu dan secara psikologis bisa membuat anak kecanduan dan tidak peduli lingkungan. Permainan tradisional nyata telah membuat anak bermain sambil belajar berinteraksi, bekerjasama dan aturan jelas. Sehingga anak belajar juga bagaimana mentaati aturan dan waktu.”
Hal terpenting dari olimpiade Olah Raga Tradisional ini  adalah menumbuhkan kesadaran akan melestarikan budaya Indonesia dan juga membangun kerukunan antar Panti Asuhan di Kota Pati dan Demak .



Seminggu kemudian, Selasa, 10 Juli 2012 diadakan Seminar dan Kongres Forum Anak Pati. Seminar kali ini mengambil tema Respon dan Pencegahan  Perdagangan Anak.Hadir sebagai pembicara dalam hal ini adalah Ipda Narimaningsih, Kaur Mintu Satreskrim Polres Kabupaten Pati dan Drs. Saksono Wibowo dari BPPKB Kabupaten Pati. Seminar ini dihadiri oleh Anggota Forum Anak dan Murid SLTA se Kota Pati sejumlah 50 anak. Selain berbicara tentang Perdagangan Anak, ternyata Peserta seminar banyak yang bertanya mengenai kekerasan dalam rumah tangga yang kerap terjadi di berbagai tempat di Indonesia.
Kemudian dilanjutkan dengan Kongres Forum Anak Pati. Konggres ini telah memilih pengurus baru periode 2012 -2014 juga telah melahirkan Deklarasi Forum Anak yang dibacakan pada Peringatan Puncak Hari Anak Nasional di PSAA Tunas Bangsa Pati.
Hari Kamis, 12 Juli 2012, sekitar pukul 8 pagi anak-anak  dan guru pendamping se- kota Pati sudah ramai berkumpul di AULA BESAR PSAA Tunas Bangsa, untuk mengikuti kompetisi Lomba Pidato tingkat SLTP Dan SLTA. Lomba dengan Tema: Lingkungan Ramah Anak dan Televisi Ramah Anak ini telah memunculkan gairah Orator Anak untuk dapat menyampaikan ide dan pndapatnya dengan Orasi yang santun di depan juri dan penonton. Berbagai tehnik Orasi muncul ada yang memakai 3 bahasa, ada dengan pantun bahkan ada yang menggunakan media wayang. Tehnik, ide dan Orasi terbaiklah yang tampil menjadi pemenang.
Rangkaian Festival Hari Anak juga dimeriahkan dengan Lomba Lukis Dinding pada hari Jum’at,13 Juli 2012. Sekitar 12 kelompok Lukis dari beberapa SLTA di Kota Pati bersaing untuk menyajikan Karya Lukis terbaik. Adapun tema lukisan yang diangkat adalah tentang Hari Anak Nasional. Saat ini sepanjang 20 meter dinding pagar lembaga telah dihiasi dengan lukisan Anak yang syarat makna dan keindahannya.
Lukisan Mural tersebut mulai dipamerkan mulai Perayaan Puncak HAN pada Sabtu, 14 Juli 2012. Sekitar 1000 orang berkumpul di PSAA Tunas Bangsa untuk ikut merayakan Hari Anak Nasional. Acara Puncak Hari itu diisi dengan Panggung hiburan, Pembagian Balon Gratis, Lomba lukis kaos Balita dan Aneka Stan Promosi. Hadir di acara Puncak itu adalah PJ Bupati Kabupaten Pati Indra Surya,M.Hum, Kepala BPPKB Kabupaten Pati, Kepala BBRVBD Prof,Dr Suharso Solo, Perwakilan BBRSBG Kartini Temanggung,  Perwakilan Dinas Sosial, Dinsos Pati dan banyak tamu Undangan dari perwakilan sekolah, Guru dan masyarakat.
Rangkaian Festival Han 2012 diakhiri dengan pawai damai PSAA Tunas Bangsa Pati dan Forum Anak Pati ke Stadiun Joyo Kusumo Pati. Pawai tersebut diikuti oleh 200 orang terdiri dari anak asuh, pengasuh dan anggota forum anak Pati.
Ketua panitia penyelengara Yasin Pramono Adi, S.Sos menyatakan ”Moment Hari Anak Nasinal adalah waktu untuk anak dan saat yang tepat untuk kita berjuang untuk hak- hak anak sebagai generasi penerus kita”. Kami sangat berterimakasi pada semua pihak baik segenap panitia dari PSAA Tunas Bangsa Pati, dan dukungan BPPKB Pemerintah Kabupaten Pati, Media Suara Merdeka, dan Media Elektronik yang datang dan beberapa sponsor seperti BRI cabang Pati, Marimas, Kalbe Farma, Penerbit Tiga Serangkai, Indosat, Sultan Chicken, Pihak Rekanan dan pihak lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Terimakasi atas dukungannya untuk acara Hari Anak Nasional tahun ini.

Dengan semakin banyaknya pihak yang peduli akan anak, maka semakin cerah kehidupan anak- anak Indonesia.







Artikel dari PSAA Tunas Bangsa Pati
http://tunasbangsa.depsos.go.id

URL:
http://tunasbangsa.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=42