Outbond Sebagai Media Transfer Pengetahuan dan Nilai
Tanggal: Rabu, 21 Maret 2012
Topik:


Outbond Sebagai Media Transfer Pengetahuan dan Nilai
Oleh Rifatul Khoiriyah

   


Sebagai sebuah bimbingan penanaman nilai peningkatan  potensi diri penerima manfaat maka pada hari Minggu, 11 Maret 2012 PSAA Tunas Bangsa Pati  mengadakan kegiatan Outbond bagi para Penerima Manfaat di dalam panti. Kegiatan yang melibatkan jajaran Rehabilitasi Sosial dan Pekerja Sosial sebagai  trainer ini  menerapkan metode Eksperiental Learning sebagai metode pelatihannya. Dibandingankan dengan metode ceramah di dalam ruangan metode ini akan lebih efektif karena anak akan melakukan aksi, diskusi, perencanaan dan refleksi di akhir permainan.
Kegiatan bimbingan Outbond merupakan transfer pengetahuan dan nilai. Selain mendapatkan pengetahuan, peserta juga membagi nilai- nilai yang didapatkannya pada peserta yang lain dalam refleksi permainan. Kedua aktifitas ini diharapkan dapat membentuk sikap, wawasan, daya inovasi, kepemimpinan yang memiliki nilai kejujuran, kepercayaan, kebaikan dalam kerjasama tim yang melahirkan kepercayaan diri positif para peserta.



Mengambil lokasi di Bumi Perkemahan “Regaloh” Pati  kegiatan Outbond kali ini  terdiri atas  7 (tujuh) rintangan permainan antara lain: Flying fox, Troyel, Jembatan Buaya, Blind Basket, Ball Race, Water Race dan Battle Team yang kesemuanya melatih mental dan kekompakan antar penerima manfaat.
Meski hujan terus mengguyur sejak  awal permainan, namun 95 penerima manfaat peserta Outbond tetap berusaha mengalahkan semua rintangan permainan tanpa surut semangat.  Kasie Rehabilitasi Social Bapak Yasin P. Adi menyatakan bahwa outbond kali ini  juga merupakan usaha membimbingan mental anak PSAA Tunas bangsa agar berkembang menjadi pribadi  yang bermental tangguh dan pantang menyerah. Jika remaja kita bermental rapuh, maka bisa dibayangkan bagaimana kehancuran bangsa kita ke depan. “ tambah beliau. Salah seorang penerima manfaat, Wagini mengaku senang dengan kegiatan outbond ini. “ meski basah, kedinginan dan capek tapi kegiatan ini seru dan menyenangkan. “Saya berharap akan ada Outbond lagi di waktu dekat”, ujarnya sambil tertawa.
Dan masih dalam guyuran hujan Anak PSAA Tunas Bangsa menutup Outbond doa bersama kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Padamu negeri dan Syukur.
 







Artikel dari PSAA Tunas Bangsa Pati
http://tunasbangsa.depsos.go.id

URL:
http://tunasbangsa.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=39