TRC PSAA
Tanggal: Rabu, 08 Pebruari 2012
Topik:


TRC PSAA"TUNAS BANGSA" PATI MENJANGKAU ANAK KORBAN BANJIR
Oleh Giri Purwono,S.Sos

 


Musim hujan sudah datang yang untuk sebagian daerah berarti juga musim banjir.

Menurut Maryono (2005), banjir yang terus berlangsung di Indonesia disebabkan oleh empat hal:
1. Faktor hujan yang lebat, tetapi faktor ini tidak selamanya menyebabkan banjir
2. Menurunnya resistensi DAS terhadap banjir akibat perubahan tata guna lahan
3. Faktor kesalahan pembangunan alur sungai, seperti; pelurusan sungai, pembetonan dinding dan pengerasan tampang sungai
4. Faktor pendangkalan sungai, termasuk faktor penting pada kejadian banjir, karena menyebabkan pengecilan tampang sungai, sehingga tidak mampu lagi mengalirkan air yang melewatinya dan meluap (banjir).

Faktor hujan lebat dan pendangkalan sungai inilah yang menyebabkan Desa Banjarsari menjadi  daerah yang potensial terhadap  banjir musiman, karena desa tersebut berada di daerah pertemuan aliran sungai dari wilayah Sukolilo dan Sungai Besar Ngantru yang bermuara ke Sungai Silugonggo Juwana yang terus mengalami pendangkalan sehingga bila hujan sangat lebat air sungai akan meluap dan menggenangi daerah disekitarnya.



Dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa dan berdasarkan hasil assesment anggota TRC PSAA "Tunas Bangsa" Pati ,tidak ada trauma terhadap banjir tetapi banyak anak-anak yang kehilangan peralatan sekolahnya. Berdasarkan informasi dari Sekretaris Desa Banjarsari ada 136 anak yang menjadi korban banjir. Mereka belum dapat membeli lagi peralatan sekolah karena kondisi orang tua mereka yang belum mempunyai dana akibat panen yang gagal karena banjir. Dari sejumlah data yang diperoleh, PSAA "Tunas Bangsa" Pati hanya dapat menyerahkan 10 paket bantuan alat tulis sekolah.Walaupun belum bisa memenuhi semua kebutuhan, kami berharap kegiatan ini dapat sedikit meringankan beban mereka.







Artikel dari PSAA Tunas Bangsa Pati
http://tunasbangsa.depsos.go.id

URL:
http://tunasbangsa.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=35