TRC PSAA TUNAS BANGSA PATI
Tanggal: Sabtu, 24 Desember 2011
Topik:


PENJANGKAUAN TERHADAP ANAK KORBAN
BENCANA BANJIR BANDANG DI KAB PATI

Oleh : Giri Purwono, S.Sos

 

 

Banjir bandang air bercampur lumpur dan sampah pepohonan pada tanggal 4 Desember di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah membawa korban jiwa 2 (dua) warga meninggal dunia terseret banjir. Kedua korban meninggal adalah warga desa Prawoto dan Wegil terseret banjir dan ditemukan tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Banjir bandang menyebabkan 59 rumah rumah roboh. 54 Rumah Rusak berat dan 16 jembatan hilang yang berada di Desa Sukolilo kedung winong, Wegil, Baturejo, Baleadi dan Wotan.

 



Dalam penanganan pasca banjir bandang tersebut unsur terkait jajaran Pemda Pati telah melakukan berbagai kegiatan terhadap korban bencana  dalam bentuk pelayanan dapur umum, pos kesehatan, pembersihan area jalan dan pemukiman yang terkena banjir bandang

Dalam kesempatan tersebut TRC PSAA TUNAS BANGSA PATI yang sebulan sebelumnya telah melakukan pemetaan/pendataan terhadap daerah-daerah yang rawan terhadap bencana antara lain wilayah Kecamatan Sukolilo sehingga pada saat terjadinya musibah bencana banjir bandang TRC PSAA TUNAS BANGSA Pati mulai tanggal 5 Desember 2011 melakukan kegiatan :
1. Koordinasi dengan pihak kecamatan sekolilo dan beberapa desa yang terkena bencana
2. Melakukan penyisiran/pendataan dan assessment terhadap anak yang menjadi korban
3. Melakukan kegiatan pendampingan psikososial
4. Penyerahan bantuan terhadap anak-anak yang menjadi korban bencana banjir bandang berupa ATS        ( Alat Tulis Sekolah ).







Artikel dari PSAA Tunas Bangsa Pati
http://tunasbangsa.depsos.go.id

URL:
http://tunasbangsa.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=34