Pemenuhan Kebutuhan Hak Anak
Tanggal: Rabu, 30 November 2011
Topik:


Pembuatan Akta Kelahiran

 Oleh : Dwi Boy Martriosya

 

Pada hari Senin 21 November 2011 tim PSAA ‘Tunas Bangsa’ Pati yang terdiri dari Kistanto dan Enri Pamawan, SH (keduanya staf seksi Program dan Advokasi Sosial, red), melakukan penelusuran akte nikah yang hilang, penelusuran ini sebagai salah satu langkah awal dalam membuat akte kelahiran penerima manfaat yakni ananda Dandi Selamet Riyanto.
Tim berangkat bersama dengan ayahanda Dandi, kegiatan penelusuran ini merupakan salah satu upaya untuk pemenuhan Hak Anak yakni memiliki identitas (akte kelahiran).
Tim melakukan pencarian data ke KUA Bugangan Kecamatan Semarang Timur. Selain dengan pihak KUA Bugangan, tim juga dibantu oleh pihak Polsek Gayamsari, Semarang Timur.

 



Hasil yang diperoleh, tim mendapat titk terang ketika ditemukannya akte nikah ayahanda  Dandi, yakni Supardi dengan Maskanah.
Selanjutnya tim akan melakukan pembuatan akte kelahiran setelah memiliki akte nikah dari kedua orangtuanya yang telah berpisah ini.
Kami yakin masih banyak Dandi-Dandi lain yang belum terpenuhi haknya dalam memiliki identitas. Semoga hal kecil yang kami lakukan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam perlindungan dan pelayanan kesejahteraan sosial anak.
Semoga
 







Artikel dari PSAA Tunas Bangsa Pati
http://tunasbangsa.depsos.go.id

URL:
http://tunasbangsa.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=32