Kegiatan Seksi Program dan Advokasi Sosial
Tanggal: Kamis, 06 Oktober 2011
Topik:


Penyusunan Modul Bimbingan Untuk Penerima Manfaat

Oleh : Dwi Boy Martriosya

 

Dalam tahapan pelayanan di PSAA “Tunas Bangsa” Pati yang terbagi dalam beberapa tahapan yakni; Pendekatan Awal, Asessment, Penyusunan dan Pelayanan Kesejahteraan Sosial, Resosialisasi, Penyaluran dan Terminasi Awal, Bimbingan Lanjut dan Terminasi Akhir
Pada tahapan program perlindungan dan kesejahteraan sosial berbasis institusi di PSAA “Tunas Bangsa” Pati, dibutuhkan beberapa metode yang dilakukan dalam memberikan pijakan dasar berperilaku serta keterampilan penunjang untuk anak ketika akan melakukan resosialisasi.
Beberapa kegiatan non formal yang dilaksanakan didalam PSAA yakni, bimbingan keterampilan meliputi sepeda motor, menjahit, salon, komputer, seni tari, seni rebana, seni angklung, bola voli, bimbingan mental agama serta bimbingan mental fisik dan disiplin.



Untuk kegiatan penyusunan modul bimbingan atau yang sering di sebut silabi ini, di tahun 2011 di buatlah beberapa silabi antara lain : Bimbingan Mental Agama, Bimbingan Mental Psikologi, Bimbingan Kesehatan, Bimbingan Keterampilan Sepeda Motor, dan Bimbingan Keterampilan Komputer.  
Kegiatan penyusunan yang di laksanakan pada tanggal 26 – 28 September 2011 ini diikuti tim pelaksana terdiri dari 11 pegawai lintas unit, antara lain : Program dan Advokasi Sosial, Rehabilitasi Sosial, Sub Bagian Tata Usaha serta Pekerja Sosial.
Pada tahap finalisasi penyusunan silabi ini difasilitasi oleh Drs. Waluyo (Purna Tugas Widyaiswara) serta Drs. Erno Sudaryanto, Psi (Konsultan Psikologi di PSAA “Tunas Bangsa” dan Dinas Kesehatan Kab Pati), memberi beberapa saran dan masukan dalam penyusunan silabi ini agar lebih ilmiah, terstruktur, sisitematis dan mudah di pahami.
Setelah kegiatan ini diharapkan dapat langsung diterapkan hasilnya dalam aplikasi kegiatan dilapangan bagi para penerima manfaat, dengan ujicoba selama 1 tahun untuk kemudian di evaluasi kembali.
Semoga hasil silabi ini setelah di aplikasikan penerima manfaat dapat menumbuhkan kayakinan yang kuat pribadi yang tangguh serta  mahir dalam beberapa keterampilan sebagai bekal setelah mendapat pelayanan di PSAA “Tunas Bangsa” Pati.







Artikel dari PSAA Tunas Bangsa Pati
http://tunasbangsa.depsos.go.id

URL:
http://tunasbangsa.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=27