Berlibur dan Belajar
Tanggal: Rabu, 13 April 2011
Topik:


Kegiatan ini dilakukan pada saat anak-anak SMP libur sekolah selama 3 hari dari tanggal 30 Maret s.d 1 April 2011, diisi dengan memberikan pengetahuan tambahan mengenai interaksi sosial, keagamaan, hukum, kesehatan dan teknologi. Pelaksanaan kegiatan dimotori oleh pegawai baru di PSAA "Tunas Bangsa" Pati.

 

HARI PERTAMA

Jam pertama diisi dengan perkenalan dan kontrak belajar oleh Team. Dalam perkenalan dan kontrak belajar tersebut, telah disepakati beberapa peraturan yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Beberapa peraturan yang telah disepakati :

Yang boleh dilakukan diantaranya, memberi pengetahuan yang bermanfaat, membuat suasana menjadi menyenangkan, berpakaian rapi

Yang tidak boleh dilakukan misalnya, meninggalkan kegiatan tanpa ijin, mengganggu temannya dll

Sebelum memasuki materi pertama, diadakan pre test terlebih dahulu untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak mengenai diri dan sosialnya.

Jam ke dua dilanjutkan dengan materi keagamaan yang diisi oleh Dwi Boy Martriosya, S.Sos.I. Materi keagamaan ini membahas mengenai konsep syukur, baik syukur kita kepada Allah SWT maupun syukur kita kepada semua. Selesai pemberian materi mengenai rasa syukur ini, kegiatan selanjutnya diselingi dengan istirahat.

Jam ke tiga dilanjutkan dengan permainan dalam ruangan yang diisi oleh Asep Hidayat, S.Sos, Wiluk Wulandari, S.ST dan Dhania Yusana Putri S.Psi. Permainan yang diberikan untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakan.

HARI KEDUA

Jam pertama yang dibahas adalah mengenai hukum yang diisi oleh Enri Pamawan, SH. Materi yang disampaikan berhubungan dengan berbagai macam jenis hukum, baik itu hukum pidana maupun hukum perdata. Selesai pemberian materi mengenai hukum ini, kemudian dilanjutkan dengan istirahat dan sholat dhuha berasama yang diimami oleh Dwi Boy Martriosya, S.Sos.I.

Jam ke dua setelah selesai istirahat dan sholat dhuha bersama, dilanjutkan dengan permainan indoor yang diisi oleh Asep Hidayat, S.Sos, Wiluk Wulandari, S.ST dan Dhania Yusana Putri S.Psi. Permainan yang diberikan pada hari kedua ini menggunakan media 2 buah hulahup.



 



Jam ke tiga diteruskan dengan materi kesehatan yang diisi oleh Arik Murti, AMK. Materi yang disampaikan mengenai kesehatan reproduksi yaitu kesehatan secara fisik, mental , sosial dan segala sesuatu yang berkaitan dengan reproduksi.

Jam ke empat setelah pemberian materi mengenai kesehatan selesai, kegiatan selanjutnya adalah permainan indoor lagi yang disajikan oleh Asep Hidayat, S.Sos, Wiluk Wulandari, S.ST dan Dhania Yusana Putri S.Psi. Permainan kali ini menggunakan media 2 buah sarung.

 

HARI KETIGA

Pada hari ketiga ini kegiatan dimulai pada jam 03.30 WIB dengan Sholat Tahajud bersama yang diimami oleh Asep Hidayat, S.Sos. Selesai Sholat Tahajud, kegiatan dilanjutkan dengan Sholat Subuh bersama yang diimami oleh Dwi Boy Martriosya, S.Sos.I. Tadarus sebagai salah satu kegiatan untuk mengisi setelah Sholat Subuh yang didampingi oleh Dwi Boy Martriosya, S.Sos.I.

Jam 06.00 anak-anak mulai makan pagi. Setelah makan, sekitar jam 08.00, kegiatan untuk mengisi liburan dimulai lagi. Pada jam pertama untuk hari jumat ini, akan dibahas mengenai masalah teknologi yang diisi oleh Hendra Purnomo Hadi, Amd. Materi yang disampaikan berhubungan dengan sejarah komputer. Setelah pemberian materi pada jam pertama selesai, kegiatan dilanjutkan dengan istirahat.

Jam 09.15 kegiatan yang dilakukan adalah evaluasi, pemberian post test serta rencana tindak lanjut yang dibimbing oleh Dwi Boy Martriosya, S.Sos.I. Hari jumat kali ini, kegiatan yang ada dipercepat, hal tersebut karena akan segera melaksanakan ibadah Sholat Jumat bagi laki-laki.







Artikel dari PSAA Tunas Bangsa Pati
http://tunasbangsa.depsos.go.id

URL:
http://tunasbangsa.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=19