Meningkatkan Team Work Melalui Outbond Pegawai
Tanggal: Rabu, 24 November 2010
Topik: Berita


Lembaga yang baik adalah lembaga yang melakukan pekerjaannya didasarkan pada kerja tim.Karena hasil yang baik tidak bisa tercapai apabila hanya dikerjakan oleh perseorangan. Kerja tim yang baik memerlukan komunikasi yang lancar antar pegawai dan antar unit. Untuk mencapai semua itu diperlukan usaha pembentukan kerja tim, salah satu upaya yang dilakukan PSAA "Tunas Bangsa" Pati adalah melalui Outbond pegawai. Tujuan outbond ini tidak hanya untuk pembentukan team work namun juga sebagai kegiatan rekreatif yang nantinya dapat membuat setiap pegawai lebih bersemangat lagi dalam bekerja.

Kegiatan ini dilaksanakan di TPA/ Hutan Wisata ds. Sumber Urip  dipandu oleh instruktur dari Koramil di Pati. Kegiatan yang dilakukan berupa : persiapan fisik dengan melakukan peregangan dan senam militer. kegiatan kedua adalah dengan permainan dalam satu kelompok besar yaitu memindahkan hulahop dari satu orang ke orang lain yang dilakukan dalam kondisi lingkaran yang besar dan kondisi lingkaran yang rapat. Setelah itu dilakukan permainan berupa pesan berantai. Tujuan dari kedua permainan itu adalah untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama dan berkomunikasi.

Kegiatan ketiga dilakukan dengan memecah peserta outbond menjadi empat kelompok kecil. Masing-masing kelompok harus mempunyai yel-yel yang akan diperdengarkan pada saat datang ke pos-pos permainan. Ada empat  pos permainan yaitu : laba-laba, mengangkat pipa, memasukkan bola melalui pipa dan sepak bola. Semuanya menuntut kerjasama, kekompakan dan kominikasi yang baik dari masing-masing anggota tim.

Kegiatan terakhir adalah evaluasi dari pelaksanaan permainan, yang tujuannya adalah untuk meningkatkan team work yang nantinya berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan kita dalam menangani permasalahan yang dihadapi dalam pekerjaan.Selain itu pegawai juga dapat menikmati kegiatan yang berbeda dari rutinitas sehari-hari, agar lebih fresh sehingga akan meningkatkan kinerjanya.









Artikel dari PSAA Tunas Bangsa Pati
http://tunasbangsa.depsos.go.id

URL:
http://tunasbangsa.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=16