Profil
· Profil Panti
· Visi dan Misi
· Struktur Organisasi

Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics
· Web Links

Pencarian



Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.

Tertawa Menjadi Kunci Kebersamaan dan Komunikasi
-----------------------------------------------------------------------------------
Dipublikasi pada Sabtu, 22 September 2012 by fajarini
-----------------------------------------------------------------------------------

Diah menulis "

Tertawa Menjadi Kunci Kebersamaan dan Komunikasi

 
       

Tertawa, ceria, senang- senang dan seru- seruan" itulah salah satu komentar dari murid SMP N 4 Pati pada hari Minggu, 16 September 2012  dalam acara Dinamika Kelompok bersama penerima manfaat PSAA Tunas Bangsa. Kegiatan Dinamika Kelompok ini diikuti seluruh anak asuh sejumlah 95 anak dan 48 siswa SMP N 4 Pati yang mengadakan kegiatan Home Stay selama 2 hari 1 malam. Permainan  yang disajikan kali ini lebih berfokus dalam mengeratkan kelompok dan melatih logika anak dalam menyusun strategi kelompok. Kesenjangan yang ada antara penerima manfaat dan murid SMP 4 seakan pupus ketika tawa canda menghiasi setiap permainan yang dilakukan.

Sesuai dengan penelitian yang pernah di publikasikan di Amerika, tertawa adalah salah satu cara untuk mengatasi ambiguitas dan ketegangan dalam situasi di mana kelompok yang mencoba untuk membuat keputusan dan dinamika pada kelompok yang tidak saling kenal dan dekat.



Kegiatan dinamika kelompok sangat penting dilaksanakan demi membangun komunikasi sesama penerima manfaat, sehingga terjalin hubungan yang erat diantara satu sama lainnya. Permainan susun sedotan, permainan pengenalan diri; Cari Kawanmu, Permainan Strategi Sudoku dan Gerakkan katamu, membuat anak harus bekerjasama dengan baik dengan semua anggota kelompok dan memainkan strategi untuk keberhasilan. Dalam kegiatan dinamika kelompok kali ini anak- anak penerima manfaat memahami bahwa tidak hanya kemenangan namun kerjasama dan strategi yang tepat dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang sama. Anak- anak juga dapat meminimalisir kecurangan dalam meraih kemenangan kelompoknya.  Diharapkan dengan adanya kegiatan dinamika kelompok ini, penerima manfaat dapat lebih komunikatif terhadap teman, pengasuh dan terutama penerima manfaat baru.<Ririf>

"



 
Link Terkait
· Lebih Banyak Tentang
· Berita oleh fajarini


Berita terpopuler tentang :
DEKLARASI FORUM ANAK PATI


Nilai Berita
Rata-rata: 0
Pemilih: 0

Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


Opsi

 Versi Cetak Versi Cetak


Panti Sosial Asuhan Anak Tunas Bangsa, Pati
Kementerian Sosial RI 2009