Profil
· Profil Panti
· Visi dan Misi
· Struktur Organisasi

Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics
· Web Links

Pencarian



Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.

Tamu dari Singapura
-----------------------------------------------------------------------------------
Dipublikasi pada Kamis, 09 Juni 2011 by fajarini
-----------------------------------------------------------------------------------

 

Senin, 6 Juni 2011 PSAA "Tunas Bangsa" Pati menerima kunjungan dari Pasir Ris Secondary School (PRSS) dari Singapura. PRSS merupakan sekolah setingkat SMP dari Singapura yang melakukan kerjasama dengan SMP 3 Pati dalam hal pendidikan. Salah satu kegiatan yang dilakukan siswa PRSS selama di Pati adalah melakukan kegiatan sosial. Kegiatan Sosial tahun ini berupa kunjungan ke PSAA "TUnas Bangsa" Pati. Tujuannya adalah untuk membangun jiwa sosial dalam diri siswa.

Dalam sambutannya, Mr. Pat yang merupakan salah satu guru pembimbing dari PRSS menyatakan bahwa setiap tahun siswa siswi PRSS melakukan kegiatan kunjungan keluar negeri seperti Thailand ,Vietnam dan Indonesia  untuk melakukan kegiatan sosial. Kegiatan tersebut bertujuan agar siswa siswi PRSS dapat melihat dan merasakan secara langsung kondisi sosial dari masing-masing negara agar dapat tertanam keinginan untuk saling bekerjasama dan saling membantu dengan semua orang tanpa memperhatikan perbedaan ras dan suku bangsa.

Kegiatan kunjungan sosial ini diawali dengan penampilan kesenian dari penerima manfaat PSAA "Tunas Bangsa" Pati yang menampilkan kesenian kolintang dan rebana. Dilanjutkan dengan acara games interaktif yang dipandu oleh siswa siswi PRSS.

 



Permainan pertama menggunakan alat bantu kubus yang masing-masing sisinya sudah ditulis dengan beberapa bagian tubuh seperti : jari,lutut,pundak,siku,kaki dan tangan. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari 10 anggota. Dalam setiap kelompok diberikan satu kubus dan satu orang pemandu yang bertugas melempar kubus.Setelah kubus dilempar ,tulisan yang ada di sisi atas kubus kubus yang dipakai, bila lemparan yang pertama muncul jari dan lemparan kedua yang muncul lutut maka orang pertama harus menempelkan jarinya kepada lutut orang kedua, begitu seterusnya sampai semua anggota kelompok habis. Setelah itu ada aba-aba peluit yang mengharuskan kelompok berlari menyamping sesuai tatanan yang tadi sudah dibentuk dan tidak boleh terputus. Kelompok yang yang mencapai garis finish menjadi pemenang.

Permainan kedua bertujuan untuk memperkenalkan Singapura baik itu tempat bersejarah, tokoh penting ataupun kebudayaan mereka. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari 18 anggota. Setiap kelompok diberikan brosur berisi penjelasan mengenai tempat bersejarah, tokoh penting ataupun kebudayaan Singapura. Maing-masing anggota harus menghapalkan semua data yang ada di brosur tersebut dalam waktu 10 menit. Setelah itu semua brosur dikembalikan kepada panitia. Kemudian dari masing-masing kelompok ditunjuk salah satu orang yang akan memberikan petunjuk dengan kalimat atau kata yang dapat mendeskripsikan apa yang ada di brosur dan anggota kelompok lain harus menebaknya. Akan tetapi dalam mendeskripsikan brosur tersebut ada kata- kata yang tidak boleh disebutkan. Peserta sangat antusias dalam mengikuti permainan ini .

Di bagian akhir  siswa-siswi PRSS menampilkan hiburan menyanyi dengan diiringi alat musik akustik. Mereka menampilkan 3 lagu yang salah satunya dari Band asal Indonesia yaitu Ungu.Tidak mau kalah dengan siswa siswi PRSS , salah satu penerima manfaat PSAA"Tunas Bangsa" Pati yaitu Nanang juga menunjukkan kebolehannya dalam bernyanyi dan bermain gitar akustik dengan membawakan satu lagu dari Bondan.Kegiatan ditutup dengan memberikan hadiah bagi pemenang dan bingkisan kepada semua peserta.

 





 
Link Terkait
· Lebih Banyak Tentang
· Berita oleh fajarini


Berita terpopuler tentang :
DEKLARASI FORUM ANAK PATI


Nilai Berita
Rata-rata: 5
Pemilih: 1


Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


Opsi

 Versi Cetak Versi Cetak


Panti Sosial Asuhan Anak Tunas Bangsa, Pati
Kementerian Sosial RI 2009